Cara Gampang Taktik Bertahan pada Softball 1

Cara Gampang Taktik Bertahan pada Softball Part 1

Cara gampang taktik bertahan pada softball pada dasarnya strategi pertahanan adalah siasat atau usaha dari regu penjaga lapangan untuk bertahan mematahkan atau menangkis serangan lawan, dengan jalan mematikan pelari, ataupun batter, agar tidak dapat maju ke base di depannya dan tidak memperoleh nilai. Setiap pemain regu lapangan harus memahami beberapa hal antara lain:

  1. Sebagai pemain penjaga lapangan harus selalu siap, waspada, pandai menganalisa kemungkinan yang terjadi sebelum permainan atau dilakukan pitching Di samping itu, harus mengetahui Situasi permainan pada saat sedang berlangsung seperti: keadaan nilai, hitungan ball dan strike, Jumlah out, inning ke berapa, kekuatan dan kelemahan lawan serta ciri-ciri batter maupun runner
  2. Pemain penjaga lapangan, harus mengetahui akibat yang mungkin terjadi dari tindakan yang dilakukan.
  3. Sebagai pemain penjaga lapangan, harus pandai menempatkan posISI penjaga, melakukan tangkapan, terampil dan cepat mengambil untuk melempar keras dan tepat terhadap sasaran yang dituju. Komponen tersebut harus dapat dilakukan terkoordinasi dengan baik, dengan gerak yang kontinu, cepat dan berlangsung secara wajar.

Perlu diketahui oleh penjaga lapangan jangan terlalu boros melakukan lemparan tanpa tujuan tertentu, apabila kemungkinan mematikan lawan sangat kecil. Hal ini sangat penting, di samping lemparan kurang berarti atau jika terjadi error, dapat mengakibatkan yang fatal, menguntungkan regu lawan. Di pihak lain dapat menimbulkan kelelahan, sehingga dalam melakukan tangkapan ataupun lemparan bola kurang terkontrol, dan pihak lawan akan mendapatkan keuntungan.

Posisi Penjagaan

Sistem penjagaan pada dasarnya terdiri atas tiga macam antara lain: deep position, close position dan medium position. Berikut ini akan diuraikan beberapa cara gampang taktik pertahanan antara lain:

1. Menguasai Pelari (Run Down)

Strategi yang pertama adalah masing-masing pemain menjaga pelari agar tidak dapat melanjutkan pada base di depannya. Bentuk strategi ini, agar lebih menarik perhatian, dibuat suatu permainan melempar. Memburu atau mengejar adalah cara yang terbaik untuk mematikan batter sebelum mencapai base pertama. Sedangkan melempar dilakukan jika posisi pemain terlalu ijauh dan tidak mungkin untuk dikejar. Tekankan pada pemain untuk menguasai pelari yang sedang menuju base. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut ini.

a. Lemparan di atas kepala pelari

Demonstrasikan kepada pemain cara melempar di atas kepala pelari, untuk menjaga ata mematikan pelari agar tidak dapat menuju base di depannya. Tekankan kepada pemain bahwa strategi ini merupakan latihan (a dan b) dikerjakan untuk menekan atau mengontrol pemain penyerang tidak melanjutkan lari dan mematikan pemain sebelum mencapai base.

b. Lemparan pada posisi central

Kadang-kadang para pemain tidak harus melempar di atas kepala pelari, tetapi dapat melemparkan ke posisi central (tengah). Demikian juga ke base 2 atau kepada pitcher, untuk mencegah pelari melanjutkan ke base berikutnya. Contoh, jika bola dipukul ke daerah ou fielder, pelari berada di base 2 akan menuju base 3, jalan yang terbaik bola dilempar pada third baseman, second baseman atau pitcher.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.