Cara Kampang Komunikasi Model ABX

Cara gampang komunikasi model ABX merupakan salah satu pola komunikasi yang baik. Pola komunikasi lainnya yang juga sering terjadi dalam komunikası antara anggota keluarga adalah model ABX yang dikemukakan oleh Newcomb dari perspektif psikologi-sosial. Newcomb menggambarkan bahwa seseorang (A) menyampaikan informasi kepada seseorang lainnya (B) mengenai sesuatu (X). Model tersebut mengasumsikan bahwa onientasi A (sikap) terhadap B dan terhadap X salıng bergantung dan ketiganya merupakan suatu sistem yang terdiri dan empat orientasi yaitu:

  1. Orientasi A terhadap X, yang meliputi sikap terhadap X sebagai objek yang harus didekati atau dihindari dan atribut kognitif (kepercayaan dan tatanan kognitif)
  2. orientasi A terhadap B dalam pengertian yang sama
  3. orientasi B terhadap X,
  4. orientasi B terhadap A.

Model ini lebih jelas dapat digambarkan seperti berikut:

Menurut Mulyana, bila A dan B mempunyai sikap positif terhadap satu sama lain dan terhadap X (orang, gagasan, atau benda) hubungan itu merupakan simetri. Bila A dan B saling membenci, dan salah satu menyukai X, sedangkan lainnya tidak, hubungan itu juga merupakan simetri. Akan tetapi, bila A dan B salmg menyukai, namun mereka tidak sependapat mengenai X atau bila mereka saling membenci, namun sependapat mengenai A, maka nudungan mereka bukan simetri.

Persoalan ini dapat diperjelas dengan bantuan gambar berikut:

Dalam konteks M,  menunut Mulyana, ketegangan mngkin akan muncul ang menuntut mereka untuk mencan kesembangan dengan cara menubah skap terhadap pihak lannya, atau sikap mereka terhadap X Maka dapat dipahamı, bıla seorang pna yang memutuskan uptuk menikahi seorang wanita yang menurnut sebagan orang kurang pantas baginya. terus saja dia menmnta pendapat orang lan yang kira-kira mendukung keputusannya itu dan menghindari pendapat yang bertentangan

Dalam keluarga sangat senang membicarakan anaknya. Entah soal sikap dan penlaku anak, pergaulan anak, masalah sandang atau pangan anak, masalah pendidikan anak, dan sebagainya. Ketika pembicaraan kedua orang tua itu berlangsung, anak sama sekali tidak tahu Anak udak terlıbat dalam pembicaraan itu. Sebaga objek yang dibicarakan, anak hanya menunggu hasilnya dan mungkin melaksanakannya sebatas kemampuannya.

Dalam kasuistik tertentu, senang didengar para remaja yang terlibat dalam pergaulan bebas. Pergaulan bebas yang mentradisi di kalangan remaja itu sangat mengkhawatirkan para orang tua. Orang tua tidak senang dengan pergaulan bebas yang dilakukan oleh anak. Karena hal tu bisa menjenumuskannya ke jurang kenistaan. Karenanya orang tua benusaha mencan upaya untuk menghentikan penilaku jahiliyah anaknya itu Palıng tidak upaya yang diambil oleh orang tua adalah melarang dengan cara menasihati anaknya untuk tidak bergaul dengan para remaja yang memiliki akhlak yang tidak terpuji.

Setiap orang tua berkeinginan untuk memiliki sesuatu. Kenginan untuk memiliki sesuatu itu terkadang tidak selalu sama, karena perbedaan pendapat dalam menilainya. Keinginan untuk memiliki kendaraan bermotor misalnya, keinginan antara suami-istri tidak jarang teradi perbedaan. Keduanya sepakat untuk memiliki kendaraan, tetapi mereka berbeda dalam menentukan jenis kendaraan Yang suami ingin Yamaha, sedang istrinya ingin Honda. Kedua belah pihak berusaha menunjukkan kelebıhan dan kelemahan jenis kendaraan yang dinginkan.

Tahap Akhir

Cara gampang komunikasi model ABX pada akhimya, salah seorang harus mengalah, bukan karer kalah, tapi demi meredam konflik, demi kebersamaan, dan demi segalanya. Banyak sebenarnya permasaalahan yang dijadikan obiek pembicaraan dalam kehidupan ini. Mulai objek yang disenangi sampai yang dibenci. Terkadang objek tertentu disenangi oleh seseorang, tetapi belum tentu disenangi oleh orang lain. Atau dua orang yang terlibat pembicaraan sama-sama menyenangi atau membenci suatu objek. Silang pendapat atau kesamaan pendapat adalah manusiawi. Oleh karena itu, Islam mengajarkan bahwa perbedaan pendapat itu adalah rahmat. Maka dari itu jangan bermusuhan hanya karena perbedaan pendapat. Tetapi, perbedaan pendapat itu harus dimusyawarahkan. Bermusyawarah untuk mupakat. Itulah best of the best, yang terbaik dari yang terbaik.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.