MENJADI MILLENIAL YANG CERDAS MENGELOLA KEUANGAN

Gaya hidup yang dinamis ditambah minimnya pengetahuan pengelolaan keuangan membuat mereka millenial merasa sulit untuk mengatur keuangan. Sebagian millenial juga masih sulit mengatur keuangannya sesuai skala prioritas. Lalu, bagaimana cara cerdas bagi kalian yang merupakan millenial untuk mengelola keuangan dengan tepat ?

“Keberhasilan mengelola keuangan ditentukan oleh kedisiplinan untuk menjaga konsistensi gaya hidup hemat dan cerdas”. Hidup hemat berbeda dengan pelit. Hidup hemat adalah mampu untuk mengutamakan kebutuhan di atas keinginan serta mengatur pemenuhan kebutuhan dengan hal-hal berkualitas secara efisien. Jadi, gaya hidup hemat bukan berarti menekan pengeluaran sehingga tidak memperhatikan kualitas, tetapi mengatur pengeluaran sesuai kebutuhan dan seimbang dengan penghasilan.

Kebanyakan millenial menggunakan prinsip “kamu hidup sekali/you only live once” yang membuat gaya hidup serta biaya pergaulan mereka semakin meningkat. Mereka sulit membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Ketika melihat barang bagus di mall, mereka langsung membeli tanpa memikirkan apakah barang tersebut dibutuhkan atau tidak, dan pada akhirnya menyesal telah memberi barang tersebut. Hindari membeli barang karena dasar keinginan bukan kebutuhan.

Beberapa cara untuk mengelola keuangan dengan benar di usia muda:

  1. Menabung dengan memisahkan keuangan: Memisahkan uang untuk kebutuhan sehari-hari dan uang untuk menabung dapat membantu mengontrol pengeluaran dan mencapai target menabung.
  2. Buat alokasi anggaran: Membuat alokasi anggaran yang jelas dan realistis dapat membantu mengontrol pengeluaran dan menentukan prioritas keuangan.
  3. Buat tujuan jangka panjang: Menentukan tujuan jangka panjang seperti membeli rumah atau menyiapkan dana pensiun dapat membantu memotivasi untuk menabung dan mengontrol pengeluaran.
  4. Menyiapkan tabungan hari tua: Menyiapkan tabungan hari tua atau dana pensiun sejak dini dapat membantu mencapai kebebasan finansial di masa depan.
  5. Memulai investasi: Berinvestasi dapat membantu meningkatkan nilai tabungan dan mencapai tujuan keuangan jangka panjang.
  6. Membuat anggaran setiap bulan: Membuat anggaran setiap bulan dan memantau pengeluaran dapat membantu mengontrol pengeluaran dan menentukan prioritas keuangan.
  7. Bijak menggunakan kartu kredit: Menggunakan kartu kredit dengan bijak dan membayar tagihan tepat waktu dapat membantu menghindari hutang yang tidak terkendali.
  8. Hindari berutang: Hindari berutang dan lebih baik menabung untuk membeli barang atau memenuhi kebutuhan finansial.

Dengan mengelola keuangan dengan benar di usia muda, Anda dapat membangun fondasi finansial yang kuat dan mencapai kebebasan finansial di masa depan. Namun, perlu diingat bahwa hal ini membutuhkan komitmen dan konsistensi dalam menjalankannya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *