pemeliharaan tanaman salak pondoh

Pemeliharaan Tanaman Salak Pondoh

Cara Gampang Pemeliharaan tanaman Salak Pondoh merupakan salah satu cara untuk dapat melestarikan salak pondok yang hampir hilang. Kualitas buah salak pondoh yang baik ini menjadi salah satu buah yang paling dicari.

Menanam Salak Pondoh dari Bibit Cangkokan

Salak pondoh sebaiknya ditanam pada awal musim penghujan dan dilakukan pada sore hari. Jika ditanam di luar musim penghujan, sebaiknya setiap hari disiram. Jum- lah pelepah sering dikurangi untuk mengatasi penguapan yang tinggi. Kantong pokybag bioit cangkokan yang siap tanam d ek lebih dahulu, lalu biot damasukkan ke bbang ta nam. Masukkan tanah cangkulan sedikit demi sedilkia perlu diben apr yang dnkatkan pada bibit.

Cara pemeliharaan Tanaman Salak Pondoh

a. Penyulaman tanaman salak pondoh

Penyulanan pada tanarnan yang mati diakukan seca ra serempak setelah dilaksanakan permeriksaan kebun Hal iní dímaksudkan agar pertumbuhannya tidak tertnggal jauh dengan tananan lain

b. Penyiangan Salak Pondoh

Penyiangan dilakukan untuk menghilangkan rumput pengganggu yang dilakukan secara teknis, misalnya d cangkul, dicabut, atau bisa juga disemprot dengan obat pembasmi rumput atau guima

c. Pemangkasan tanaman salak pondoh

Pemangkasan/pembabatan pelepah dimaksudkan untuk menghilangkan pelepah yang sudah tua dan tunas anakan yang tidak dicangkok. Pemangkasan dimulai se telah pohon salak berumur 1 tahun. Pelepah tanaman salak pondoh disisakan antara 7-9 pelepah untuk satu ba- tangnya.

d. Pembumbunan tanaman salak pondoh

Pembumbunan dilaksanakan bersamaan dengan penyiangan atau dilakukan berulang kali tergantung kondisi anah. Kegiatan pembumbunan bertujuan mengatur saluran penun lasan untuk menyalurkan kelebihan air. Pembumbunan juga berguna untuk menjaga agar tumbuh akar muda dan ta- naman tidak rebah. Untuk tanaman yang sudah tua, pem- bumbunan sangat diperlukan untuk pertumbuhan akar muda sehingga tanaman tetap produktif.

e. Pemupukan tanaman salak pondoh

Pemupukan dengan pupuk kandang diberikan 1 atau 2 kali dalam 1 tahun. Bila diberikan 1 kali, waktunya setelah musim hujan. Ukuran pupuk kandang adalah 1 truk untuk 100 batang. Pupuk buatan pabrik/pupuk kompon diberi- kan dengan ukuran 750 gram per tahun untuk 1 batang. Bila diberikan 2 kali dilakukan tiap 6 bulan dengan ukuran 375 gram. Pemupukan yang terbaik diberikan setiap 3 bu- lan dengan ukuran 190 – 200 gram per batang.

Sebagai perbandingan dapat dibuat perkiraan sebagai berikut:

Pemberian pupuk dengan cara digejuk atau dibenam kan ke dalam tanah diatur dengan jarak kurang lebih 25 cm dari batang. Apabila pemupukan dilakukan pada mu- sim kering, sebaiknya dilanjutkan dengan pengairan. Pem- berian pupuk ASRI buatan GAMADIN disemprotkan pada batang pohon dan daun. Dosis pemberian pupuk ASRI di- bedakan menurut warnanya, yaitu sebagai berikut:

  • Pupuk ASRI warna kuning digunakan untuk me- rangsang pertumbuhan segala umur dan perakaran dengan perbandingan 1 liter pupuk ASRI dicampur dengan 10 liter leri untuk 50 batang. Pupuk ini diberi- kan seminggu sekali.
  • upuk ASRI warna hijau digunakan untuk merang- sang pertumbuhan bunga dan bakal buah dengan perbandingan 1 liter pupuk ASRI dicampur dengan 10 liter leri untuk 50 batang. Pupuk ASRI warna ungu digunakan untuk memper-
  • cepat besarnya buah dan mencegah kerontokan dengan perbandingan 1 liter pupuk ASRI dicampur dengan 20 liter leri.

Pemupukan dilakukan dengan cara disenmprotkan pada buah seminggu sekali. Dosis tersebut dipergunakan kurang lebih untuk 100 tandan/janjang. Sewaktu masih kecil, buah yang terlalu lebat perlu dikurangi atau dijarangkan agar buahnya menjadi besar-besar.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.