Permainan Ular Tangga

Permainan Ular Tangga pada Anak Usia Dini

Permainan Ular Tangga pada Anak Usia Dini merupakan permainan tradisional yang secara turun temurun diwariskan dari nenek orang tua dan nenek moyang bangsa Indonesia. Permainan ini banyak dikenal dimasa anak anak pada zaman dahulu. Walaupun banyak manfaatnya permainan inis emakin pudar akibat  adanya kemajuan teknologi yakni dengan kehadiran Smarphone.

Tentang Permainan Ular Tangga

Permainan ular tangga adalah permainan yang dimainkan oleh 2 orang anak atau lebih. Papan permainan dibagi menjadi berbagai macam bentuk kecil dan dibeberapa bentuk bergambar ular dan tangga yang menghubungkan bentuk satu dengan bentuk lain. Permainan ini dapat dimainkan oleh semua jenjang kelas. Guru atau orang tua dapat membuat sendiri permainan ini yang sesuai dengan tujuan.

Manfaat Permainan

Anak yang suka memainkan permainan ular tangga atau permainan papan lainnya dapat mengasah kemampuan kognitif, sebab didalam permainan ini selain anak dapat berinteraksi dengan temannya anak juga mempunyai pemikiran atau daya pikir dalam melakukan strategi dalam permainan.

Permainan  ini dapat mendidik, menghibur dan praktis. Kondisi ini dapat disenangi anak, karena mempunyai sifat yang mudah dan menarik. Macam-macam model dan jenis permainan ular tangga telah beredar luas hingga pada ranah pendidikan, permainan ini menjadi salah satu sarana media pembelajaran.

Kelebihan Permainan

Kelebihan permainan ular tangga yakni bisa membangun sikap juga keterampilan anak melalui kerjasama. Adapun kelebihanya yaitu:

  1. Adanya teknik permainan yang dapat digunakan dalam aktivitas belajar mengajar, disebabkan kegiatan ini menyenangkan sehingga dapat menarik perhatian siswa dalam belajar sambil bermain.
  2.  Selanjutnya  dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa
  3. Ular tangga mampu menimbulkan suasana menyenangkan pada pembelajaran
  4. Tanpa disadari permainan ini mampu merangsang siswa dalam memecahkan masalah sederhana
  5. Siswa bisa berperan langsung dalam kegiatan pembelajaran
  6. Ular tangga juga bisa sebagai stimulasi aspek perkembangan pengetahuan bahasa dan pengetahuan sosial

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.