Taktik Permainan Bola tangan

Cara gampang taktik dalam permainan  bola tangan adalah kemampuan seorang pemain dalam memerankan posisinya dalam sebuah tim. Baik tidaknya sebuah tim dalam menyerang atau bertahan sangat tergantung dari taktik dasar. Dalam permainan bola tangan, taktik individu sangat penting dalam membentuk sebuah tim yang kuat. Jika sebuah tim memiliki banyak pemain yang menguasai taktik individu dengan baik, maka tidak mustahil akan membawa kemenangan bagi tim tersebut. Untuk mencapai tahap tersebut, setiap pemain perlu menguasal semua jenis teknik keterampilan dalam permainan bola tangan.

Cara gampang taktik ofensif dan defensif sebagai berikut:

1. Taktik Ofensif antara Ruang

Seorang pemain penyerang (ofensi) mempunyai tugas utama yaitu membuat gol dan membantu rekannya membuat gol sebanyalk mungkn. Salah satu cara serangan individu 1alah menyerang di an tara ruang pemain bertahan (defensat).

Ada dua alasan mengapa melakukan penyerangan di antara pemain bertahan:

  • Untuk melepaskan kawalan pemain bertahan ketika akan melakukan tembakan dari jarak 6 meter.
  • Untuk menarik perhatian dua pemain bertahan agar terjadi agar ketidakseimbangan pertahanan dan memberi keuntungan bagi pemain penyerang Ini dimaksudkan agar pemain lebih terkonsentrasi kepada pemain yang membawa bola.

Umumnya, pemain defensif bergerak mengikuti pergerakan pemain penyerang (ofensah Dalam sistem pertahanan zona, setiap pemain fmempunya dactah/ ruang pertalhanannya dan bertanggung jawab di dacrah terseb Apabila pemain penyerang mendekat wilavah pertahanan, pemain itu

2. Taktik Defensif Mengawal Ruang

Melakukan defensif dari tembakan merupakan tanggung jawab pemain terdekat. Biasanya permain mengikuti pergerakan pemain penyerang sampai ke garis eter P’ada kondisi seperti ini, ruang pertahanan akan mudah ditembus lawan

Panduan dan prinsip pertahanan yang baik:

  • Lahat pergerakan bola dan posisi pemain lawan serta bergerak mengikuti arahnya.
  • Melangkah keluar mengawal pemain lawan yang membawa boa untuk menghadang pergerakannya.
  • Senantiasa menghadang pemain lawan dan jangan memberkan peluang melakukan tembakan dalam situasi satu lawan satu.

Permainan bola tangan merupakan permainan yang memerlukan kerjasama keenam pemain dan penjaga gawang untuk mencetak gol maupl bertahan Keterampilan dan taktik secara individu harus digabungkan untus membuat sistem koleküf yang baik.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.