Trik hemat Kuota dan Memori serta Batre HP pada Aplikasi WhatsApp

Sebelum membahas mengenai trik hemat kuota memory dan batre pada aplikasi WhatsApp terlebih dahulu kita simak mengenai apa itu aplikasi WhatsApp

WhatsApp Messenger adalah aplikasi GRATIS untuk pengiriman pesan yang tersedia untuk Android dan ponsel cerdas lainnya. WhatsApp menggunakan koneksi Internet telepon Anda (4G/3G/2G/EDGE atau Wi-Fi, jika tersedia) untuk memampukan Anda mengirim pesan dan menelepon teman atau keluarga. Beralihlah dari SMS ke WhatsApp untuk mengirim dan menerima pesan, panggilan, foto, video, dokumen, dan Pesan Suara.

MENGAPA WHATSAPP?

• TANPA BIAYA: WhatsApp menggunakan koneksi Internet telepon Anda (4G/3G/2G/EDGE atau Wi-Fi, jika tersedia) untuk memampukan Anda mengirim pesan dan menelepon teman dan keluarga, sehingga Anda tidak perlu membayar untuk setiap pesan atau panggilan.* Tidak ada biaya berlangganan yang dikenakan untuk menggunakan WhatsApp.

• MULTIMEDIA: Kirim dan terima foto, video, dokumen, dan Pesan Suara.

• PANGGILAN GRATIS: Telepon teman dan keluarga Anda secara gratis dengan Panggilan WhatsApp, bahkan jika mereka sedang berada di negara lain.* Panggilan WhatsApp menggunakan koneksi Internet telepon Anda dan bukan menit panggilan paket seluler Anda.* (Catatan: Biaya data mungkin berlaku. Hubungi operator Anda untuk info selengkapnya. Sebagai tambahan, Anda juga tidak dapat mengakses 119 atau nomor layanan darurat lainnya melalui WhatsApp).

• CHAT GRUP: Nikmati percakapan grup dengan kontak-kontak Anda sehingga Anda dapat dengan mudah menjalin komunikasi dengan teman dan keluarga.

• WHATSAPP WEB: Anda juga dapat mengirim dan menerima pesan WhatsApp langsung dari browser komputer Anda.

• TANPA BIAYA INTERNASIONAL: Tidak ada biaya tambahan untuk mengirim pesan WhatsApp internasional. Chat dengan teman-teman Anda di seluruh dunia dan hindari biaya SMS internasional.*

• KATAKAN TIDAK PADA USERNAME DAN PIN: Mengapa harus repot mengingat username atau PIN? WhatsApp bekerja persis seperti SMS dengan menggunakan nomor telepon Anda dan terintegrasi dengan buku alamat pada telepon Anda.

• TIDAK PERLU LOG IN/LOG OUT: Dengan WhatsApp, Anda selalu terhubung sehingga Anda tidak perlu khawatir kehilangan pesan baru. Tidak perlu lagi bingung untuk log in atau log out dari perangkat Anda.

• SEGERA TERHUBUNG DENGAN KONTAK ANDA: Buku alamat telepon Anda digunakan supaya Anda dapat dengan mudah dan cepat terhubung ke kontak Anda yang sudah menggunakan WhatsApp, sehingga Anda tidak perlu menambahkan username yang sulit diingat.

• PESAN OFFLINE: Bahkan jika Anda kehilangan pemberitahuan pesan baru atau mematikan telepon Anda, WhatsApp akan menyimpan pesan-pesan itu dan mengirimkannya pada saat Anda menggunakan aplikasi kembali.

• DAN BANYAK LAGI: Bagikan lokasi Anda, bertukar kontak, atur wallpaper dan nada pemberitahuan khusus, email riwayat chatting, siarkan pesan ke beberapa kontak sekaligus, dan masih banyak lagi!

Aplikasi kirim pesan gratis melalui perangkat Android banyak kita jumpai di Playstore, masing-masing memiliki keistimewaan masing-masing. Salah satunya adalah WhatsApp atau biasa dikenal dengan sebutan singkat WA.

WA menawarkan kecepatan pengiriman pesan berupa text. Pada perkembangannya WA dirancang bisa mengirimkan Foto, Video, bahkan saat artikel ini ditulis WA sudah bisa mengirimkan dokumen dengan ekstensi pdf, doc, txt, zip, dll.
Setelan bawaan (default) WA saat kita selesai menginstal aplikasi ini, biasanya terdapat setelan auto download(unduh otomatis) pada foto, Audio, video ataupun dokumen yang kita terima, apalagi bagi anda yang mempunyai banyak group. Pastinya akan banyak foto, audio, video dan dokumen yang dikirimkan oleh anggota group kita. Hal ini berdampak pada penuhnya memori HP kita dengan kiriman tersebut. 
Nah ..apabila memori HP penuh akan berakibat pada menurunnya kecepatan HP (lemot)  bahkan bisa terjadi Hang (HP berhenti beroperasi)
Apa yang harus kita lakukan jika hal ini terjadi ?
Disini penulis akan memberikan trik agar dalam menggunakan Aplikasi WA tidak memberatkan Memori HP dan boros batre berakibat menurunya kecepatan HP kita.
Berikut ini trik yang bisa kita lakukan :
Pertama matikan Notifikasi group 
Mematikan notifikasi group akan mengurangi konsumsi batre dan HP tidak cepat panas. Batre bisa lebih awet dengan mematikan notifikasi group, apalagi jika ada group dengan aktifitas tinggi dengan anggota yang banyak.
Langkah-Langkah mematikan Notifikasi Group :
Pada tampilan awal WA, masuklah pada chat group pada group yang ingin anda matikan notofikasinya kemudian klik menu, kemudian pilih Bisu, maka anda akan dihadapkan pada pilihan bisukan selama 8 jam, 1 minggu dan 1 tahun, silahkan tentukan pilihan anda sesuai dengan selera. Kemudian cheklist tampilan notifikasi jika anda ingin tetap memunculkan notifikasi di layar utama atau menghilangkan cheklistnya jika tidak anda ingin tidak ada notofikasi sama sekali. Penulis sarankan hilangkan saja cheklistnya. Kemudian pilih OK
Kedua matikan auto download pada Aplikasi WA 
Langkah-Langkah Mematikan Auto Download pada Aplikasi WA
Pada tampilan awal WA, klik menu, kemudian setelan, setelah itu klik pada penggunan data, Setelah itu pada tab Unduh Otomatis Media klik saat menggunakan data seluler hilangkan semua cheklist pada pilihan foto audio video dan dokumen kemudian pilih OK

Demikian Trik hemat Kuota dan Memori serta Batre HP pada Aplikasi WhatsApp mudahmudahan dapat bermanfaat, jika ada hal-hal yang belum dipahami silahkan menuliskan komentar dibawah postingan ini.

Update informasi

Dari tulisan saya diatas ternyata ada kawan yang membantah kalau langkah diatas tidak terbukti.. Hehehe

Ini logikanya…

Kalau kita buat Auto download WhatsApp

Setiap kiriman teman di group maupun Japri berupa foto audio video atau dokumen ke WhatsApp kita.  Maka secara otomatis kiriman tersebut akan terdownload Dan itu pastinya akan menguras kuota internet kita

Beda kalau kita non aktifkan auto download

Kita bisa memilih kiriman mana yang akan kita download  Kalau kita butuh kita tinggal download,  kalau nggak butuh ya nggak. Usah di download

Bukannya itu bisa menghemat kuota internet?

Jadi tidak terbukti nya pada bagian mana? 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.