Cara Gampang Bercocok Tanam Bayam

Cara Gampang Bercocok Tanam Bayam ini dapat kamu gunakan untuk memperindah halaman lingkungan sekolah. Tanaman bayam mempunyai daya adaptasi yang baik terhadap lingkungan, sehingga dapat ditanam di dataran rendah dan dataran tinggi. Menurut jenisnya bayam ada 2 macam yaitu bayam cabut atau bayam sekul dan bayam tahun atau bayam kakap (potong). (Rahmat Rukmana, 1994)

Cara bercocok tanam bayam

Pengolahan tanah

  • Lahan dicangkul sampai menjadi gembur, kemudian dipersiapkan dalam bentuk bedenganbedengan selebar 1 meter dan diberikan pupuk kandang secara merata.
  • Bedengan yang telah dipupuk kandang, kemudian dicangkul kembali hingga rata dan halus. Selanjutnya bedengan dibuat alur dengan goresan bambu atau alat lainnya dengan jarak antar alur 20 cm.

Penyemaian/penanaman

  • Sebelum biji disebarkan pada lahan semai, maka lahan sebaiknya diberi pupuk dasar terlebih dahulu dengan TSP/SP36 sebanyak 195 kg per hektar.
  • Selanjutnya biji ditaburkan dengan rata dan jangan terlalu rapat, sebab nantinya akan tumbuh kecilkecil. Selesai benih disebar kemudian ditutup dengan tanah yang halus dan disiram hingga basah.
  • Untuk jenis bayam tahun atau bayam kakap, apabila semaian telah berumur t 2 minggu, maka dicabut untuk dipindahkan ke bedengan lahan tanam dengan jarak tanam 30 cm x 30 cm.

 

Keterangan :

Jarak tanam 30 x 30 cm jarak tanam tepi 15 cm ketinggian bedengan 10 cm. Gambar 9 menunjukkan tanaman bayam tahun pada bedengan dengan jarak tanam tertentu, sedangkan untuk bayam cabut, langsung dipelihara pada bedengan semai.

Pemeliharaan

Penyiraman

  • Pada fase awal persemaian atau awal penanaman untuk bayam tahun, setiap hari perlu penyiraman dengan alat bantu gembor. Namun setelah dewasa penyiraman dilakukan menurut kondisi tanaman. Pemupukan
  • Pada umur 3 minggu setelah ditanam, perlu diberi pupuk susulan dengan urea t 25 gr/10 liter air. Pupuk disiramkan sejauh $ cm dari barisan tanaman. Untuk bayam tahun pemupukan dilakukan sehabis petik.

Penyiangan

Rerumputan perlu disiangi dengan menggunakan alat bantu kored, karena akan mengganggu pertumbuhan tanaman

Pengendalian hama dan penyakit

Hama yang sering menyerang tanaman ini adalah ulat dan belalang. Pengendaliannya cukup menggerak-gerakkan tanaman dengan ujung sapu, dan dihindarkan penyemprotan pestisida karena bahaya residu bagi konsumen. Sedang penyakit bayam adalah virus dan karat putih dengan gejala permukaan daun mengkerut, warna keseluruhan daun mengering, belang-belang dan terdapat bercak-bercak putih yang melepuh pada sisi bawah. Pengedaliannya, tanaman yang sakit dicabut dan dibakar.

Pemanenan/pemetikan hasil

Untuk bayam cabut dapat dipanen hasilnya setelah berumur 30 hari dengan cara mencabut tanaman yang sudah optimal, sehingga yang masih kecil diberi untuk besar. Untuk bayam tahun dapat dipungut hasilnya Рumur 25-30 hari dengan memotong bagian cabangcabangnya yang dilakukan secara periodik 1 minggu sekali sampai umur lebih 1 tahun.

baca juga : Cara Gampang Bercocok Tanam Cabe Merah

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.