Cara Gampang Berlatih Lempar Lembing (Part 1)

Cara gampang berlatih lempar lembing merupakan salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di olimpiade maupun di pertandingan resmi lainnya. Lempar lembing merupakan bagian dari nomor cabang atletik. Berikut cara berlatihnya:

Teknik Dasar Lempar Lembing

a. Latihan memegang lembing

Ada dua cara memegang lembing yang banyak digunakan oleh pelempar lembing, yaitu:

1) Cara Finlandia (Gambar A)

  1. Jari tengah melingkari pegangan lembing pada bagian tepi belakang dan ber- sentuhan dengan ibu jari yang lurus memegang di tenmpat itu Juga.
  2. Jari telunjuk memegang lembing di belakang pegangan agak lurus dan segaris dengan lengan.
  3. Dua jari yang lain berimpit dan melingkari pegangan lembing agak renggang de n ri tengah. Dengan cara ini tarikan pada bagian tepi belakang pegangan lembing d oleh jari tengah.

2) Cara Amerika (Gambar B)

  1. Jari telunjuk memegang bagian tepi belakang pegangan lembing
  2. Ibu jari dalam keadaan lurus diletakkan pada lembing di belakang tep1 Pe
  3. Tiga jari yang lain berimpit agak renggang dengan jari telunjuk memegang pada pegangan lembing. Dengan cara ini yang memegang peranan dalam melempar adalah jari telunjuk.

Pelempar dapat memilih cara mana yang cocok baginya. Cara gampang berlatih manapun yang pelempar harus dapat memberikan pegangan yang enak, dapat mengendalikan jalan sa lemparan dengan tepat, dan dapat menyalurkan tenaga dengan tepat pula.

b. Latihan membawa lembing

Ada tiga cara membawa lembing sewaktu melakukan awalan. Pelempar dapat memilih salah satu yang sesuai dengannya.

  1. Dibawa di atas bahu dengan mata lembing mengarah serong ke atas. Cara ini umumnya di gunakan oleh yang menggunakan awalan dengan gaya jingkat atau gaya Amerika ata American Hop. (gambar A)
  2. Dibawa di muka bahu dengan 2 mata lembıng mengarah serong ke bawah. Cara ini banyak digunakan oleh pelempar yang menggunakan awalan langkah silang atau gaya Finlandia. (gambar B)
  3. Dibawa dengan mata lembing di bawah. Lengan kanan yang memegang lembing lurus ke bawah, mata lembing arahnya serong ke atas, ekor lembing dekat tanah. Cara membawa lembing ini untuk memudahkan pelempar memperoleh posisi siap melakukan lemparan setelah melakukan awalan. (Gambar C)

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.