Cara Gampang Buat Media Big Book

Cara gampang buat media big book bisa menjadi strategi jitu bagi kalian yang berprofesi sebagai pendidik. Big book adalah buku bergambar yang dipilih untuk dibesarkan memiliki karakteristik khusus, yaitu adanya pembesaran baik teks maupun gambarnya. Hal ini sengaja dilakukan supaya terjadi kegiatan membaca bersama (shared reading) antara guru dan murid atau orangtua bersama anak. Buku ini mempunyai karakteristik khusus yang penuh warna-warni, gambar yang menarik, mempunyai kata yang dapat diulang-ulang, mempunyai plot yang mudah ditebak, dan memiliki pola teks yang berirama untuk dapat dinyanyikan (Fitriani & Cahyono, 2014).

Ukuran Besar

Buku yang dirancang dalam ukuran besar ini membantu anak untuk lebih fokus pada gambar dan teks. Sambil membaca cerita, orangtua/pendidik dapat mendemonstrasikan yang dibacanya dalam gambar dan menunjuk setiap kata yang dibaca, Idealnya big book berukuran sekurang-kurangnya A3 atau A2 Dengan menggunakan.media big book ini orangtua/pendidik dapat menjadi contoh bagi anak bagaimana cara membaca sebuah simbol huruf, kata, maupun kalimat dengan benar. Anak belajar bagaimana melafalkan kata dengan benar dan memahami adanya intonasi serta ekspresi tertentu. Pengalaman kegiatan berbahasa yang diperankan oleh orangtua/pendidik dalam suasana yang kondusif dan terlibat akan mendorong anak untuk berpartisipasi secara aktif. Keterlibatan ini dapat dibangun dengan cara: mengulang-ulang kata atau kalimat yang telah dibaca atau membaca kata/kalimat tersebut dilakukan secara bersama.

baca juga : Cara Gampang Menciptakan Interaksi yang Harmonis 

Makofsky (2003) dalam artikel “How to Make Big Book with Children” mengungkapkan bagaimana langkah-langkah pembuatan big book. Langkah-langkah tersebut, yaitu:

  • Bacalah beberapa buku besar.
  • Meminta anak menunjukkan bagian-bagian dari buku besar tersebut, meliputi: sampul, halaman, judul, penulis, ilustrasi, dan lainnya.
  • Membuat contoh sebuah buku besar. Anak dapat memulainya dengan cerita yang telah mereka tuliskan atau yang anak diktekan kepada kita atau anak dapat menyalin sebuah syair singkat anak-anak/cerita pendek.
  • Menyediakan sebuah miniatur buku kosong yang terbuat dari potongan kertas bekas sebagai tempat untuk anak-anak merencanakan bagaimana setiap halamannya.
  • Menyalin teks dari halaman yang terdapat dalam sampul buku besar ke dalam dokumen besar yang mengacu pada halaman buku besar.

Para orangtua juga dapat meminta anak untuk menulis di atas lembaran kertas kecil lalu menempelkannya ke atas halaman besar dari buku-buku besar tersebut atau dapat juga meminta anak untuk menulis secara langsung ke dalam buku besar. Mengilustrasikan buku tersebut walaupun menempelkan gambar-gambar kecil di halaman buku besar akan terlihat lebih rapi namun menyenangkan pula bila ditambahkan unsur-unsur desain/rancangan seperti kolase/lukisan.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.