Cara Gampang Bikin Pendahuluan

Cara gampang menyusun pendahuluan dan latar belakang penelitian.

Pendahuluan

Pendahuluan dalam sebuah laporan penelitian merupakan tulisan yang disusun untuk memberikan orientasi kepada pembaca mengenai isi laporan penelitian yang akan dipaparkan. Sekaligus perspektif yang diperlukan oleh pembaca untuk dapat memahami/mengerti informasi yang akan disampaikan (Weissberg & Buker, 1990). Secara umum bagian pendahuluan harus secara lengkap mengemukakan tentang latar belakang, ruang lingkup/pembatasan dan rumusan masalah, tujuan dan atau pertanyaan penelitian, serta anggapan dasar atau hipotesis. Oleh karena itu, dalam bagian pendahuluan biasanya juga dikemukakan secara ringkas teori dan hasil penelitian serupa terdahulu yang dijadikan dasar dalam pembatasan dan perumusan masalah, perumusan tujuan, serta pembuatan hipotesis.

baca juga : Cara Gampang Edit Kutipan Mendeley

Dengan penjelasan yang lugas dan sistematis, bagian pendahuluan akan mengantar pembaca laporan penelitian kepada permasalahan penelitian serta tujuan yang ingin dicapai di akhir kegiatan Penelitian. Isi bagian pendahuluan ini biasanya tidak jauh berbeda dengan isi kagian pendahuluan pada proposal penelitian, yang merupakan dasar pijakan bagi peneliti untuk melakukan kegiatan kajian pustaka sebelum penelitian dilakukan.

Latar Belakang

Latar belakang masalah yang baik harus mengandung

(1) penelaahan/pembahasan mengenai literatur maupun hasil penelitian yang relevan dengan masalah yang ingin diteliti,

(2) penjelasan mengapa peneliti menganggap masalah/topik tersebut penting untuk dipelajari/diteliti:

dan (3) manfaat hasil penelitian bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan aplikasinya dalam praktik. Ketiga hal pokok ini dijabarkan dengan jelas namun cukup singkat. Kemudian diteruskan dengan penyajian rumusan masalah dan tujuan penelitian. Rumusan atau formulasi tujuan penelitian dapat berupa pernyataan ataupun hipotesis. Hipotesis adalah suatu pernyataan sementara mengenai ada tidaknya hubungan antara 2 atau lebih variabel/fenomena yang diteliti.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.