Menjaga Kebersihan Panca Indra

Cara gampang menjaga kebersihan panca indra sebaiknya dikenalkan sejak anak-anak masih di usia prasekolah. Panca indra meliputi kulit, mata, telinga, hidung, dan lidah. Panca indra manusia ini perlu selalu dirawat agar fungsinya sebagai organ reseptor menjadi optimal. Salah satu cara merawat panca indra ialah menjaga kebersihannya. Kebersihan kulit, mata, telinga, lidah, dan hidung mencerminkan salah satu aspek kesehatan panca indra.

Kulit

Membersihkan kulit dapat dilakukan dengan mandi secara rutin minimal dua kali setiap harinya. Dengan mandi, segala kotoran, kuman, dan bibit penyakit yang menempel di kulit dapat hilang. Mandi juga akan membuat tubuh menjadi harum. Dengan mandi pula, kulit kita senantiasa terhindar dari penyakit kulit, seperti panu, kudis, kurap, dan kutu air. Untuk mencapai tujuan tersebut, mandi setidaknya harus dilakukan menggunakan air bersih dan sabun mandi. Mandi merupakan cara untuk menjaga kebersihan kulit.

Mata

Setelah kulit, mata juga perlu dijaga kebersihannya. Menjaga kebersihan mata tidaklah sulit, tetapi butuh kehati-hatian. Salah dalam praktik membersihkan mata, bisa jadi indra penglihatan tersebut justru akan terganggu fungsinya. Cara sederhana dalam menjaga kebersihan mata ialah membasuh mata secara teratur dan menghindarkan mata dari kemasukan benda asing seperti debu.

Kebersihan telinga

Panca indra ketiga yang harus dijaga kebersihannya ialah telinga. Telinga yang kotor akan memengaruhi kerja pendengaran. Oleh karena itu, telinga harus dijaga agar tidak kotor. Telinga bisa kemasukan kotoran yang berasal dari udara yang tercemar. Cara yang benar untuk membersihkan telinga adalah membersihkan kotoran hanya di bagian daun telinga. Membersihkan telinga tidak diperbolehkan hingga ke bagian gendang telinga. Hal ini karena kotoran dari luar justru akan terdorong masuk. Akibatnya, kotoran akan menumpuk sehingga mengganggu pendengaran. Jika telinga senantiasa dibersihkan dengan cara yang benar maka pendengaran akan tetap jernih sehingga memacu otak untuk berpikir lebih dari biasanya.

Hidung

Membersihkan telinga pada dasarnya hampir sama dengan membersihkan hidung. Hidung hanya boleh dibersihkan dari lubang masuknya udara napas hingga rongga bagian luar. Selain dibersihkan oleh manusia, sebenarnya hidung memiliki bulu untuk menyaring udara kotor yang akan masuk ke paru-paru. Oleh karena itu, jangan pernah memotong bulu hidung demi optimalnya fungsi hidung sebagai indra penciuman.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.