Cara Gampang Membuat Tali Tampar

Cara gampang membuat tali tampar merupakan salah satu kegiatan dalam rangkaian pembuatan sapu serat sabut. Cara – cara di bawah ini akan membantu anda untuk membuat sapu serat sabut.

Pembuatan Tali Tampar dari Serat Sabut

Bermacam-macam talı tampar yang kita jumpai. Tali tampar ada yang dibuat dari bahan plastik, rapia, rami, serat sabut dan ijuk. Dari beberapa bahan pembuat tali tampar tadi, serat sabut yang murah dan mudah kita cari. Sebab kerajinan sapu kelut bahannya dari serat sabut, maka sekaligus kita membuat tali tampamya.

baca juga:Cara Gampang Bercocok Tanaman Peria Ayam

Cara gampang membuat tali tampar

a. Ambil serat sabut sedikit demi sedikit. Serat dililit pada kaki, kemudian diputar bolak balik sampai membentuk tali yang panjang. Setelah itu letakkan dan ambil serat lagi, ulangi seperti semula. Kemudian kedua-duanya dipilin jadikan satu dengan cara diputar-putar pada kaki, sehingga akan jadi tali tampar yang kita inginkan.

b. Ambil serat sabut yang sudah jadi limbah, yang dimaksud limbah di sini adalah sisa serat yang telah diikat untuk bahan anyaman. Dari sisa ini dapat dibuat tali tampar caranya seperti pembuatan tali tampar di atas. Keuntungan dari pembuatan tali tampar dapat memanfaatkan sisa dari hasil ikatan atau limbah yang terbuang percuma.

Langkah-langkah Pemberian Warna Tali Tampar.

Sesuatu barang akan lebih memikat banyak orang jika barang tersebut mempunyai warna yang indah dipandang mata, suatu contoh makanan yang bahan bakunya hanya sederhana, sebut saja bahan ketela pohon dikasih pewana yang menarik, makanan tersebut pasti akan menarik banyak orang.

Begitu juga dengan pembuatan sapu kelut bila diberi warna akan menarik banyak orang juga. Dalam pemberian warna sapu kelut hanya pada tali tampar sebagai tali ikatan. Warna-warna yang dominan untuk sapu kelut adalah warna merah, hijau, dan hitam. Itulah sebabnya pemberian wama pada kerajinan sapu kelut sangat perlu.

Pemberian warma pada sapu kelut perlu bahan dan alat, yaitu

  • Zat pewarna merah, hijau, hitam masing-masıng satu bungkus
  • Sediakan air mendidih secukupnya
  • Sediakan ember tiga untuk tiga warna
  • Kayu pengaduk.

Setelah bahan dan alat sudah tersedia kita menentukan langkah kerja yaitu sebagai berikut:

  1. a. Tuangkan air mendidih pada ketiga masing-masing 2 liter, kemudian taruhkan zat pewarna pada masıng-masıng ember diaduk sampai rata. Setelah selesai, celupkan tali tampar yang dikehendaki terus dibolak-balik memakai kayu pengaduk sampai tali tampar berwarna semua.
  2. b. Setelah tali tampar dibolak-balik, diamkan sebentar agar air wama dapat meresap pada tali tampar bagian tengah. Kemudian, baru diangkat pakai kayu pengaduk langsung dijemur pada matahari yang redup atau diangin-anginkan supaya tidak berubah warna.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.