Cara Gampang Mengatasi Anak Agresif dan Konfrontatif

Cara gampang mengatasi anak agresif dan konfrontatif menajdi tugas seorang guru. Anak yang agresif dan konfrontatif di kelas bukan berarti siswa itu menjadi permasalahan besar tetapi bukan juga sebagai hal yang baik. Sehingga siswa membutuhkan pembinaan secara baik. Cobalah strategi berikut kepada siswa:

Cari tahu apakah Siswa telah dinyatakan memiliki kebutuhan khusus. Tanyakan kepada staf untuk Pendidikan Kelas tuhan Khusus apa yang dapat menenangkannya. Masukkan Siswa ke dalam kelas pengendalian emosi. Beritahukan kepada pembimbing kelas tersebut bahwa sejumlah staf merasa terancam oleh perilakunya. Jelaskan kepada Siswa (atau seluruh kelas) tentang cara-cara yang berbeda untuk mengendalikan kemarahan dan reaksi emosional. Hal sederhana seperti berhitung hingga sepuluh atau menarik nafas dalam merupakan pertolongan yang baik.

Jangan menantang Siswa:

tidak ada gunanya mempertaruhkan keselamatan Anda sendiri. Cobalah untuk tetap tenang dan gunakan pendekatan yang lebih halus. Abaikan perilaku buruk yang ringan jika memungkinkan.

Bentuk pilihan “penyesiswaaian” bagi Siswa:

jika ia merasa akan marah, aturlah agar ia menemui dan duduk bersama seoranganggota staf yang sudah senior. Para staf mungkin bereaksi terhadap ukuran tubuh Siswa dan penampilan fisik Siswa dan menganggap ia akan menimbulkan masalah. Hindari berfokus pada Siswa dan masalah yang diciptakannya kepada Anda. Dokumentasikan semua insiden yang melibatkan Siswa, terutama jika ia mengancam atau menggunakan perilaku agresif atau kasar. Sebarkan salinan informasi tersebut kepada manajer dan staf pendidikan kebutuhan khusus. Jika Anda merasa kewalahan, dan keselamatan Anda dalam bahaya, bicarakan ha1 tersebut denganguru senior atau komite sekolah.

Teknik umum cara gampang mengatasi siswa yang agresif/konfrontatif Contohkan perilaku yang tenang, konsisten, dan positif yang dapat ditiru oleh para siswa.

Sapalah siswa satu per satu di awal pelajaran:

beritahukan harapan positif Anda dari apa yang akan ia capai. Bersikap sekonsisten mungkin dengan harapan Anda, tetapi tetaplah bersikap fleksibel jika memang diperlukan. Jangan membahayakan keselamatan Anda sendiri. Hindari berteriak-hal ini memperburuk perilaku konfrontatif. Beri perhatian ketika siswa berperilaku dengan baik dan puji ia karena hal tersebut. Jangan menunggu insiden negatif untuk memfokuskan perhatian kepada Siswa. Tetapkan target yang tidak menyulitkan untuk tugas atau perilaku dan beri penghargaan kepada siswa setelah mencapai target tersebut. Pertimbangkan pengaturan tempat duduk-Hal terbaik yang mungkin Anda lakukan adalah untuk menempatkan tempat duduk siswa ini sedekat mungkin dengan meja Anda.

Dengan siswa yang sangat agresif, milikilah rencana cadangan yang dapat Anda gunakan untuk menghindarkan diri Anda dan orang lain dari bahaya. Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah telah mengeluarkan hukum yang berkaitan dengan penggunaan kekuatan yang logis oleh guru dan staf yang bekerja di sekolah. Bacalah tentang informasi tersebut. Pahamilah apa yang bisa dan tidak bisa Anda lakukan. Jadi, ketika seorang siswa berkata kepada Anda, “Anda tidak boleh menyentuh saya!” Anda mampu menjelaskan dengan tepat mengapa perilaku ini berarti bahwa, berdasarkan hukum, Anda dapat melakukan hal tersebut. Kunjungi situs jejaring departemen pendidikan untuk mencari artikel dan dokumen yang perlu Anda baca. Artikel yang paling berguna adalah pedoman apa pun tentang penggunaan kekuatan untuk mengendalikan atau menenangkan siswa.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.