Cara Gampang Menjaga Rambut & Kulit Kepala

Cara gampang menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala sebaiknya dilakukan sedini mungkin. Rambut dan kulit kepala yang bersih merupakan salah satu syarat rambut sehat. Rambut bersih di antaranya ditandai dengan tidak berketombe dan tidak berminyak. Menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala merupakan salah satu budaya hidup sehat. Cara utama dalam menjaga kebersihan rambut adalah keramasatau mencuci rambut secara rutin minimal dua hari sekali.

Aktivitas mencuci rambut tidak membutuhkan waktu yang lama, Asalkan keramas dilakukan dengan cara yang benar, kebersihan rambut pun akan tercapai. Adapun tujuh tahapan yang benar dalam melakukan keramas adalah sebagai berikut.

  • Membasahi rambut dengan air bersih secara merata.
  • Memijat kulit kepala.
  • Mencuci rambut menggunakan sampo.
  • Membilas rambut hingga tidak ada sampo yang tersisa.
  • Menambahkan conditioner (pelembap) pada rambut secara merata, lalu didiamkan sesaat.
  • Membilas conditioner sampai bersih.
  • Mengeringkan rambut menggunakan handuk bersih.

Satu hal yang diperhatikan sebelum keramas ialah memilih sampo yang tepat. Disarankan membeli sampo berkualitas baik yang mampu menghilangkan minyak, sisik kepala, dan membuat rambut menjadi lebih lembut, gampang disisir, serta tidak mudah kusut. Pilih pula sampo yang bahan aktifnya tidak mengiritasi mata dan tidak memicu alergi.

Penggunaan sisir

Kesehatan rambut berkaitan dengan penggunaan sisir. Kurang terjaganya kebersihan sisir akan menyebabkan rambut yang selesai dicuci menjadi kotor. Sisir perlu dicuci dan dibersihkan dari sisa rambut yang tersangkut. Sisir sebaiknya dicuci secara rutin dengan air hangat hingga bersih.

Bentuk sisir sebaiknya disesuaikan dengan tekstur rambut. Untuk rambut lurus gunakan sisir bergigi rapat. Untuk rambut keriting sebaiknya bergigi jarang agar tidak tersangkut. Untuk rambut pendek bisa mengugnakan sisir berbentuk sikat.

Kebersihan rambut bisa membantu lancarnya sirkulasi darah pada kulit kepala. Rambut yang bersih membantu mengurangi stres dan jaringan metabolisme agar tetap tumbuh dan berkembang secara normal. Menjaga kebersihan rambut menjadikan rambut wangi, bersih, dan segar. Rambut wangi, bersih, dan segar merupakan beberapa tanda rambut sehat.

baca juga : Cara Gampang Menu Toodler yang Sakit

 

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.