Cara Gampang Pemenuhan Pendidikan Anak

Cara gampang pemenuhan pendidikan anak tunagrahita merupakan langkah – langkah bagi guru dan orang tua dalam mendidikan anak dan siswa. Pemberian layanan pendidikan tentunya harus disesuaikanĀ  dengan kebutuhan pendidikannya. Anak memiliki keterbatasan yang tentunya dewasa ini telah dimodifikasi agar dapat memberikan pendidikan kepada anak tunagrahita. Keterbatasan tidak akan membatasi anak tunagrahita untuk berkativitas seperti anak didik lainnya. Hanya saja anak tnagrahita membutuhkan pendidikan yangb terarah dan terprogram dengan baik.

baca juga:Cara Gampang Mengajarkan Kesehatan Lingkungan ke Anak

Kebutuhan Pendidikan Anak Tunagrahita

Sama halnya dengan anak normal, anak tunagrahita mem- Lsfuhkan pendidikan. Pendidikan membantu pertumbuhan dan nerkembangan anal sesuai dengan potensi yang dimiliki anak sunagrahita. Kebutuhan pendidikan dan jenis layanan bagi anak tunagrahita pada dasarnya sama dengan anak normal pada umumnya. Hanya saja perlu dirumuskan dan disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan anak tunagrahita. Pendekatan layanan pendidikan bagi anak tunagrahita lebih diarahkan pada pendekatan individual dan pendekatan remidiatif. Pendekatan individual didasarkan pada penilaian kemampuan untuk mengembangkan sisa potensi yang ada dalam dirinya. Tujuan utama layanan pendidikan bagi anak tunagrahita adalah penguasaan kemampuan aktivitas kehidupan sehari-hari dalam mengelola diri sendiri. Untuk mencapai harapan tersebut diperlukan pelayanan yang memiliki ciri-ciri khusus dan prinsip khusus (Wardani, 2007:63).

Ciri-ciri Khusus Pelayanan Pendidikan Anak Tunagrahita

  1. Ciri-ciri khusus pelayanan anak tunagrahita dapat dilihat dari tiga hal, yaitu bahasa yang digunakan, penempatan anak Tunagrahita di kelas, dan ketersediaan program khusus. Ketiganya penting untuk diperhatikan guru pengampu di kelas.
  2. Bahasa yang digunakan dalam berinteraksi dengan anak unagrahita adalah bahasa yang sederhana, tidak berbelit, Jclas, dan menggunakan kata-kata yang sering didengar olehanak.
  3. Penempatan anak tunagrahita di kelas b. Anak tunagrahita ditempatkan di bagian depan kelas dan berdekatan dengan anak yang kira-kira hampir sama ke- mampuannya. Apabila ia di kelas normal maka ia di- fempatkan dekat dengan anak yang dapat menimbulkan sikap keakraban.
  4. Ketersediaan program khusus di samping ada program umum yang diperkirakan semua anak di kelas itu dapat mempelajarinya perlu disediakan program khusus untuk anak tunagrahita yang kemungkinan mengalami kesulitan.

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.