Cara Gampang Penyemaian Biji Tomat

Cara gampang penyemaian biji tomat menjadi awal dalam proses pembibitan tomat. Pelaksanaan penyemaian biji menjadi salah satu cara untuk membibitkan tomat untuk siap tanam.

Pelaksanaan Penyemaian Biji Bibit Tomat

Tempat penyemaian atau bedengan diairi dengan gembor pada bagian atasnya kemudian biji tomat ditaburkan di atas bedengan tadi. Setelah biji tomat selesai ditaburkan, kemudian biji tomat tadi ditimbun dengan tanah setebal antara 1 sampai 2 cm. Langkah berikutnya menutup dengan anyaman daun kelapa atau gedeg bambu untuk mengurangi terik cahaya matahari. Setelah kurang lebih satu minggu sampai sepuluh hari, tutup dapat dihilangkan agar tumbuhan tomat yang masih kecil tadi, dapat memasak makanan dengan bantuan sinar matahari atau dapat berasimilasi dengan sempurna.

baca juga:Cara Gampang Menanam Sawi

Pemeliharaan Semaian Bibit Tomat

Cara gampang penyemaian biji tomat agar semaian dapat berkembang subur dan batangnya kuat harus rajin dan trampil dalam memelihara bibit tomat. Umur 1 hari sampai 10 hari tanah jangan sampai kering pagi dan sore hari harus disiram dengan gembor sampai basah tetapi jangan sampai berlebihan. Tutup bedengan selalu diawasi jangan sampai jatuh atau terbuka. Sebab bila tutup sampai jatuh atau terbuka bibit akan kering tidak jadi tumbuh. Jika ada rumput usahakan dicabut.

gga bersih. Sebelum bibit dicabut dari semaian, pengairan jangan sampai terlupa setiap hari pagi dan sore disiram dengan gembor. Agar kelembaban tanah terjaga, got-got dapat diisi air setinggi kurang lebih 10 cm. Setelah umur 10 hari semaian tomat dapat ditambah pupuk daun dengan cara disemprotkan dengan dosis menurut aturan pada label obat, supaya daunnya lebar dan lekas besar Adapun pupuk yang dipergunakan adalah gandasil D atau sejenisnya.

Pengambilan Bibit Tomat

Pengambilan Bibit tomat disini yang dimaksud ialah pemindahan bibit tomat ke lokasi penanaman tomat yang telah disiapkan. Untuk itu bagaimana melakukannya?. Maka yang kita lakuan adalah sebagai berikut :

Setelah semaian tomat berumur 20 sampai dengan 75 hari semaian bibit tomat dapat diambil dari tempat semaian kemudian dipindahkan ke lokasi penanaman tomat. Apa yang perlu kita ketahui ? Kita perlu mengetahui hal-hal sebagai berikut:

a. Cara mencabut bibit tomat

Kita gunakan garpu atau cangkul biasa untuk mencabut bibit. Agar akar-akar tidak putus kita gunakan alat tadi untuk mencangkul atau dengan garpu pada tanah semaian kita gali 10 cm sampai 15 cm. Kemudian batang bibit tomat kita pisahkan satu demi satu. Dalam pemisahan bibit diusahakan, agar akar jangan sampa putus.

b. Cara menata bibit dalam sampul bibit

Kita harus sudah siap sampul bibit atau bungkus bibit yang terbuat dari pelepah pohon pisang, yang dipotong-potong dengan ukuran panjang 30 cm lebar 20 cm. Kemudian pelepah tadi kita lipat menjadi dua. Masukkan bibit tomat berjajar antara 10 sampai 20 batang. Setelah dimasukkan baru dilipat, kemudian diikat dengan tali dari pelepah juga atau dari rafia. Dari kenyataan bibit yang sudah dimasukkan dalam kantong seperti ini, dapat tahan sampai 2 hari, asal daunnya sering dibasahi dengan air, untuk menunggu penanaman di lokasi lain.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.