H Cara Gampang Mengoperasikan Konsep Statistik

Cara gampang mengoperasikan konsep dasar statistik pada komputer merupakan cara untuk belajar menghitung dan membuat tampilan data. Analisis statistik dilakukan pada prinsipnya hanya untuk mengetahui hubungan (korelasi), perbandingan (komparasi) dan pengaruh dari dua variabel atau lebih. Untuk menggunakan analisis itu harus memenuhi syarat-syarat yang diperlukan, Misalnya tingkat homogenitas, normalitas dan linieritas dan lain-lain.

Pengetahuan dasar statistik ini perlu dikuasai guna memudahkan interpretasi dari print out program SPSS 16.0. Menggunakan program SPSS 16.0 sebenarnya tidak sulit, bila memiliki pengetahuan dasar mengoperasikan komputer, maka pada prinsipnya bisa menjalankan program SPSS 16.0. Kesulitan akan dirasakan pada saat membaca print out program SPSS 16.0, di sinilah letak perlunya pengetahuan statistik untuk memahami print out.

baca juga:Cara Gampang Menentukan Topik Sendiri

Pengetahuan dasar mengoperasikan komputer

Cara gampang mengoperasikan konsep dasar statistik maka kita kenali dulu komponen dalam komputer. Komputer terdiri dari hardware dan software. Agar komputer dapat beroperasi maka software dan hardware harus dalam keadaan baik. Bila hardware baik tapi software rusak maka komputer tidak bisa dioperasikan. Atau sebaliknya software baik tapi hardware rusak maka komputer juga tidak bisa dioperasikan.

Hardware terdiri dari Monitor, mouse, keyboard, speaker, printer, modem, scanner, dan CPU. CPU terdiri dari beberapa perangkat keras, antara lain mainboard, Memory, Disk drive, Harddisk, VGA Card, Sound Card, Tunner Card dan lain-lain.

Pengenalan hardware (perangkat keras) ini diperlukan guna deteksi awal bila ada kerusakan atau dasar pertimbangan bila ingin membeli komputer. Software (perangkat lunak) terdiri dari software system dan software aplikasi. Software system dibagi menjadi dua yakni operating system dan interpretercompiler.

Sedangkan software aplikasi terdiri dari software siap pakai dan atau dikenal juga dengan nama ready use software, dan software pesanan. Software yang dirancang khusus sesuai dengan kebutuhan user. Software disebut juga dengan program, program adalah kumpulan perintah yang disusun setahap demi setahap. Secara sistematis yang ditulis dengan bahasa komputer, agar komputer bisa bekerja atau melakukan kegiatan tertentu yang sesuai dengan keinginan pembuat program atau pemakai (user).

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.